Dokumentasi? PENTING ga sie??

Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa alasan kenapa kita harus mendokumentasikan event atau acara yang akan selenggarakan.
contoh event yaitu acara pensi sekolah, ulang tahun, wedding  (pernikahan), seminar, dan acara lainnya.
Kalau kita lihat diantara keramaian para pengunjung dan tamu undangan yang datang pasti akan melihat orang yang membawa kamera dengan lensanya yang bervariasi ada yang pendek bahkan ada yang panjang lalu orang itu mengarahkan kameranya ke berbagai arah kadang kita bertanya sedang apa sih mereka ? Mereka adalah seorang fotographer dan videographer yang sedang merekam dan mengabadikan moment special diacara anda.

Tapi kenapa sih kok rata rata harga jasa dokumentasi itu biasanya di bilang “MAHAL”,  padahalkan kerjanya cuma jeprat jepret sama ngerekam moment doank ? Sebenarnya price atau harga itu relatif, tergantung kebutuhan dan budget, namun  apabila kita memahami alasan dibalik harga atau kita sering dengar istilah ada harga ada rupa dan alasan pengerjaan jasa dokumentasi yang dilakukan oleh orang – orang yang sudah profesional dalam hal mengabadikan dan merekam moment moment special karena tidak semua orang bisa mengabadi momen setepat dan sebaik para fotographer dan videographer profesional karena mereka sudah mengetahui teknik teknik pengambilan gambar mulai dari komposisi warna, angle pengambilan gambar, pencahayaan dan teknik – teknik pengambilan gambar lainya, maka kita akan lebih bijak lagi memposisikan harga dan sisi dokumentasi.
Berikut tambahan  beberapa alasan dari sekian banyak alasan pentingnya meng-capture atau mengabadikan  atau dokumentasi acara baik itu dokumentasi foto ataupun video:

Coba kita bayangkan, dalam suatu acara yang sering kita datangi, ambil contoh yang simpel yaitu acara ulang tahun atau pernikahan, dapat kita bayangkan uang yang habis untuk pengeluaran gedung, katering makanan, dekorasi yang waw, make up dan kostum pengantin dan keluarga, hiburan  dan acara yang diatur sedemikian rupa serta keramaian atau pengunjung yang datang yang dapat kita bayangkan momen-momen yang terjadi.
Begitu habis acara apa yang terjadi? Katering makanan habis tak tersisa, gedung dan dekorasi serta hiburan dll ketika selesai acara selesai pula semuanya kita nikmati dan Semua hal yang terjadi di momen tersebut  lenyap tak tersisa. Di sisi inilah, after event, dokumentasi foto dan video memainkan perannya, momen” keren tadi sudah didokumentasikan dan di kemas menjadi foto dan video yang anda bisa kalian pamerkan dimedsos dan bisa lihat kembali moment kemeriahan acara itu sampai jangka waktu yang lama, bahkan sampai pengantin punya anak masih dapat mengenang kejadian tersebut dan menceritakannya kepada anak bahkan cucu nya nanti.. Amiin.. 😀

Disadari atau tidak, memori manusia ada memori panjang dan pendek. Seberapa ingat kita akan suatu peristiwa? Misalnya event pernikahan, apa kita akan mengingat siapa saja tamu undangan yang datang keacara itu, Runutan acaranya apa saja dan moment apa saja yang terjadi dalam acara tersebut?
Dan nanti kapan saja kita kangen dengan momen dalam acara itu atau seseorang yang ada dalam acara tersebut, disaat itulah itu kamu bisa mengobati rasa kangen kamu dengan sesekali membuka kembali album photo atau memutar video moment special tersebut.
Contoh lain, Sekolah atau kampusmu mengadakan pensi atau festival, kemudian kamu ditunjuk sebagai panitia. Untuk membiaya gelaran tersebut, seluruh panitia sepakat mencari sponsor. Ternyata ada sponsor yang nyantol. Kamu bikin acara yang oke punya, hasilnya harus kamu laporin sama sponsor. Kayak gini loh acaranya, segini loh jumlah pengunjungnya, dan sebagainya. Dengan bukti berupa dokumentasi, sponsor bisa melihat keberhasilan acaramu. Yakin deh, mereka mau jadi sponsor acaramu berikutnya.
Seperti yang disinggung di atas, kamu pernah ngadain acara terus berhasil. Kamu bikin lagi acara baru, pengennya menarik lebih banyak sponsor. Presentasikan pencapaian kamu dengan dokumentasi video dan foto acara sebelumnya. Dengan begitu, ada dua keuntungan, kamu nggak capek ngomong dan sponsor mendapat gambaran yang lebih komprehensif.
Atau kamu sedang mengembangkan band, penginnya banyak yang minta kamu isi acara dong? Caranya gimana? Cuma dengan memperlihatkan dokumentasi performance kamu, maka orang-orang akan menaruh minat sama band-mu.
Misalnya lagi,  kamu ngadain acara festival, ternyata terjadi kerusuhan. Kenapa nih? Ketika kamu mendokumentasikan setiap sudut festival, kamu bisa mempelajari letak kekurangan keamanan festival tersebut. Begitupun sebaliknya, kamu pengin ngadain pensi sekolah, gimana biar berhasil? Kamu datangi pensi sekolah orang lain, kamu dokumentasikan acaranya, kemudian kamu pelajari faktor apa saja yang bikin mereka berhasil.

Contoh lain lagi, kamu mau bikin novel dan harus riset tentang kebudayaan tertentu. Datanglah kamu ke festival kebudayaan. Coba foto-foto dan rekam semua yang kamu butuhkan dari sana. Nah, kalau kamu sebagai pihak penyelenggara, upload dong hasil dokumentasi kamu. Selain kamu bisa mempublikasikan acaramu, kamu juga udah bagi-bagi ilmu buat orang yang lagi riset.

nb: semua foto diatas pure hasil kerja (foto+editing atau editing) dari tim fesproduction. silakan dicopy apabila diperlukan untuk kebutuhan non komersil dan tidak bertentangan dengan hukum 😀

Mudah-mudahan dengan artikel kecil ini kita dapat memahami alasan penting sebuah dokumentasi.

Buat kamu yang bingung ingin mendokumentasikan suatu acara berupa video dan foto beragam kegiatan baik itu ulang tahun / birthday party, wedding/pernikahan, pre-wedding, seminar dan lainnya silakan hubungi kami, fesproduction dengan berkunjung ke menu contact atau langsung ke no 082179281672 (call or whatsapp).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *